Senin, 08 Juni 2009

ujian termin awal di al azhar



Universitas al Azhar yang terletak di pusat ibukota Mesir, Cairo adalah termasuk salah satu pusat studi islam tertua dan termurah di dunia dalam level internasional. Sejak kehadiraanya, universitas ini selalu eksis mengajarkan ajaran keislaman yang bersumber dari al Qur’an dan al Hadist, selalu berkembang dinamis dan elastis sesuai dengan perkembangan zaman, dan telah sukses melahirkan tokoh-tokoh intelektual di berbagai bidang di belahan dunia sejak kehadirannya di tengah-tengah umat, mulai dari intelektual konservatif (bernuansa salaf) hingga intelektual modern yang ide-idenya banyak di jadikan rujukan dewasa ini.

Pusat studi ini, sebentar lagi, pada bulan januari 2009, bertepatan dengan musim dingin akan melaksanakan agendanya, yaitu ujian nasional term pertama. Ujian ini hanya untuk pasca sarjana strata satu (S1) dari semua jurusan yang ada dan ini akan terlaksana secara menyeluruh mulai dari tingkat pusat hingga cabang-cabang al Azhar yang berada di daerah di seluruh penjuru mesir.

Sementara para mahasiswa-mahasiswi, mulai mempersiapkan dirinya untuk menghadapi ujian tersebut, konsentrasi belajar mereka pada diktat kuliah semakin di tingkatkan serta di optimalkan, dan para masisir secara khusus (mahasiswa indonesia di mesir) mulai banyak berdatangan ke masjid-masjid untuk lebih konsentrasi belajar, juga bimbingan belajar mulai marak. Tak kalah menariknya, mereka sudah banyak merangkum isi pokok-pokok semua materi yang akan di ujikan pada term ini. Semua peralatan ujian, mulai dari kerneh (kartu ujian), bolpen dan alat-alat lainnya mulai di persiapkan.

Malam dan siang harinya, mereka mengisi waktu-waktunya untuk belajar secara privat dan mandiri guna untuk mengusai isi moqorror (diktat kuliah) meskipun ada sebagian yang belajar bersama. Mengingat semua materi harus menggunakan bahasa Arab maka bagi mahasiswa asal indonesia setidaknya mengalami kesulitan untuk memahaminya. Oleh karena itu paling tidak mereka harus banyak menghafal materi-materi tersebut sehingga tidak kecolongan untuk mengisi lembaran jawaban ujian. Harapan untuk seluruh temen-temen mahasiswa-mahasiswi semoga tahun ini najah semua.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar